Abstract Landscape Oil Painting

Abstract landscape? Apa itu?

Tentang abstract landscape

Abstract landscape menurutku adalah cabang abstract art yang paling tidak abstrak. Masih memiliki definisi dan kemiripan dengan subjek asalnya. Dengan demikian, kita sebagai viewers masih bisa mengasosiasikan suatu lukisan pemandangan abstrak dengan lokasi/tempat tertentu.

Ini yang menarik dari abstract landscape.

Mengapa abstract landscape

Dari sisi seorang pelukis dan seorang penikmat lukisan, lukisan pemandangan abstrak menimbulkan emosi segar dan curiosity lebih jauh yang berbeda dari jenis lukisan lainnya.

Essence dari sebuah pemandangan

Lukisan pemandangan abstrak tidak akan berhasil jika seniman tidak merenungi suatu pemandangan dengan seksama. Kadang butuh sekian lukisan sebelum menemukan kombinasi bentuk, massa, tekstur, dan warna yang tepat.

Memerlukan seniman berpengetahuan luas

Lukisan abstrak seringkali dipandang sebagai lukisan yang effortless, bahkan dibilang “anak tk aja juga bisa bikin seperti ini”.

Sejatinya memang, lukisan abstrak dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat dibanding lukisan realistis. Tapi, teknik dan pengalaman justru berperan sangat besar disini.

Lebih menarik dibanding fotografi

Di awal berkembangnya western art dan sebelum ada fotografi, lukisan yang sebisa mungkin mirip dengan kenyataan tidak ada tandingannya. Kini, justru lukisan yang memilki kesan organik (atau istilahnya painterly) adalah suatu keunggulan tersendiri.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *