Mancing..

Masih belajar dari buku :D Satu yang aku suka dari gambar ini adalah warnanya yang cerah tanpa editan.

Belajar Sketch Orang

Sejak kemarin gw browsing di Amazon untuk buku painting people. Sebabnya, saat sketch menggunakan pensil langsung di watercolor paper, ternyata gw masih belum lancar gambar orang. Akhirnya beli kindle ini. People in Watercolor by Trevor Waugh. Lihat review-nya bagus dan harga Kindlenya murah, cuma $2.99. Cus langsung beli.

Rahasia Para Jago Gambar

Setelah berkelana dengan berbagai macam bits and bit tentang painting, digital drawing, urban sketching.. akhirnya mau ga mau (akhirnya harus mau) belajar basic. Yaitu, belajar dasar menggambar. Menurutku di titik ini aku merasa ini adalah satu rahasia yang ga ditunjukkan oleh para artists di luar sana. Seberapapun kita ngikutin course-nya, kalau basic ini masih belum dikuasai, tetap ga akan bisa kita menyamai hasil mereka. Bosen sih sejujurnya belajar dasar, tapi kalau diantara yang baca ini ada yang sedang mulai gambar, cukup untuk diketahui kalau suatu saat nanti, akan tiba saatnya kamu merasa butuh belajar basic drawing.

Belajar Basic Menggambar Lagi Mulai dari Perspektif

Setelah cukup painting kemarin, sepertinya gw a bit off di bagian perspektif. So. coba belajar ulang tentang perspektif dari awal. Apa itu Drawing? Where do I place the mark? What shape is the mark I want to make? How hard should I pressed? Tonal and textural value.

Somewhere in France

Finally mendekati style painting yang selama ini gw mau. What I Learned Ternyata.. painting memang lebih dari sekedar painting. Untuk painting yang sukses, dibutuhkan: Ilmu tentang value Menguasai komposisi Jago gambar (drawing and painting sangat berkaitan!) Next time gambar, penting untuk beberapa menit sebelum gambar dihabiskan untuk study gambar tersebut.

Train to Takayama Jinya, Japan

Finish watercolor dari gambar kemarin. Di kereta menuju Takayama, Jepang. Keretanya sedang berhenti. Sekitar 10 menit. Aliya sempat ke toilet dulu sebelum keretanya jalan. Uniknya kereta ini adalah dia punya 2 toilet. Satu toilet modern dan satu toilet jepang. Toilet modern itu toilet duduk. Sedangkan toilet Jepang adalah toilet jongkok. Sayang lupa ambil fotonya. Unik sekali sih menurutku. Karena ini menunjukkan orang Jepang itu berusaha lebih modern dengan tidak meninggalkan orang-orang yang masih dengan kebiasaan atau tradisi lamanya.

Good Painting Can Not Hide Bad Drawing

Quotes of the day! Ketika menjalani hobi, apapun hobi itu--contohnya painting--akan banyak godaan untuk membeli ini itu. Dengan 'janji' mempermudah proses, mempercepat penguasaan skill, dan lain sebagainya. Quote ini mengembalikan kita ke basic. Sepandai- pandainya menyimpan bangkai, suatu saat baunya akan tercium juga. Basic dari painting adalah drawing. Seringkali kita malas menggambar atau menyeketsa. Karena: Drawing itu membosankan. Drawing banyak teori. Drawing ga keren, cuma pakai pensil dan kertas hvs. Recommended classes: https://www.craftsy.com/class/startup-library-learn-to-draw/ https://www.craftsy.com/class/sketching-essentials-in-graphite/ https://www.craftsy.com/class/simple-te

Rumah di Tokyo Dekat Kuil

They said, travel is a never ending inspiration. And that is true. Tiap bingung mau gambar apa, aku buka-buka file jalan-jalan ke Jepang tahun lalu. Hampir setahun yang lalu loh. Tapi masih menginspirasi.

My Jar of Water

Things I want to capture: Botol terbuat dari kaca (keliatankah?) Sisa cat kering di permukaannya Isi airnya Instagram vs Blog Kemarin udah hampir nge-post landscape hasil painting. Udah di-edit supaya muat di feed posisi portrait. Udah di-save pula hasil editannya. Eh tapi kok galau, akhirnya ga jadi. Masih ga pede deh. Dan beberapa hari yang lalu lihat blog post-nya Shari Blaukopf kalau hari itu dia nge-post gambar ke-2000. DUA RIBU. Langsung aku cek post di blog ini. Eh, baru 60.

Pelajaran Hari Ini: Kosongkan Gelas Sebelum Belajar

Hari ini lucu banget. Pertama kalinya nonton kelas online dan merasa gambar gurunya jelek. Haha. Langsung kuprint gambar referensinya pagi hari tadi untuk aku praktikkan nanti saat anak-anak sekolah. Jadi pengajarnya ini buat gambar landscape dengan menggunakan watercolor dan watercolor marker. Yang pertama kali bikin kesel (haha) saat liat harga markernya (zig clean brush) dan harganya mahal banget -- bahkan lebih mahal dari Koi. Yang kedua, gurunya pakai Gansai Tambi isi 48, yang mana bikin aku inget waktu ke Jepang gagal beli ini (yang akhirnya beli isi 24 doang). Yang ketiga, pakai brush baru yang ga aku punya, yaitu dagger brush. Yang keempat, watercolor benerannya cuma dipakai untuk un

Daun Pohon Pagar

Sore ini ada kesempatan tak terduga karena anak lagi pada sibuk sendiri dan ga lama kemudian ada yang ngajak main di luar. Cus langsung ambil kertas dan pensil untuk sketch. Sketch kebun. Keliling taman sebentar kira-kira objek apa yang mau disketsa--akhirnya pilihan tertuju ke daun pagar. Yang diutamakan untuk sketsa pensil seperti ini adalah: Light and shadow Bentuk Gradasi Happy sketching! #gardensketching

Let's be friends!

©2018-2020 by Oramuf Studio