DIET GOLONGAN DARAH: Vegetarian For A? Big No!

Hari kemarin, di perjalanan menuju kelas, teman saya: Siti Czafrani, sempat share tentang diet golongan darah yang ia ketahui dari internet. Sebenarnya saya sudah mendengar tentang ini sejak SMA, di mana sekolah saya dekat dengan Gramedia Matraman sehingga sering berkunjung untuk sekedar baca gratis.

Berawal dari perbincangan dengan para ladies, saya tergerak untuk searching tentang itu hari ini. Lumayanlah buat tambah ilmu.

Jadi begini (copas):

Diet golongan darah dikemukakan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, seorang naturopatis dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat berdasarkan penelitian dan pengalaman dari pasiennya. Memang ada pepatah mengatakan tak ada gading yang tak retak, semua penelitian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan diet golongan darah. Diet golongan darah ini cukup mempunyai banyak pengikut tetapi teori D’Adamo ini masih sering diperdebatkan oleh para ahli-ahli gizi dan ahli-ahli lainnya. Keberhasilan diet golongan darah ini tergantung pada kondisi dan kebutuhan tubuh pelakunya. Diet ini bertujuan untuk mencapai kesehatan tubuh.

Diet golongan darah yang diteliti oleh D’Adamo menunjukkan efek fisiologis dari lektin yang masuk ke dalam tubuh. Lektin adalah protein yang umumnya terdapat pada makanan. Tiap jenis makanan dapat mempengaruhi metabolisme dan komposisi darah sehingga mempengaruhi keseimbangan daya tahan tubuh dimana komposisi darah mempunyai 2 komponen penting yaitu antigen dan antibodi. Alasan pentingnya penggolongan darah oleh D’Adamo adalah golongan darah mengidentifikasi dengan tanda permukaan yaitu antigen sehingga bila sel darah merah mentransport benda asing seperti virus dan bakteri, maka akan segera ditandai sebagai “kawan” atau “musuh”. Sama halnya dengan makanan, bila ditemukan lektin, maka akan segera ditandai sebagai musuh dan menyebabkan sel darah menggumpal bersama-sama sehingga menyebabkan masalah terhadap sistem pencernaan dan metabolisme makanan terhadap produksi insulin dan gangguan hormon. Hal inilah yang menyebabkan kenapa tiap golongan darah perlu memiliki penggolongan makanan.

Penggolongan makanan dibedakan menjadi makanan yang sangat bermanfaat, makanan yang netral, dan makanan yang dihindari. Makanan yang sangat bermanfaat adalah makanan yang bereaksi sebagai obat. Makanan netral adalah makanan yang bereaksi sebagai makanan. Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang bereaksi sebagai racun.

Berikut adalah saran menu yang dapat di konsumsi berdasarkan golongan darah :

Golongan Darah A

Makanan yang dianjurkan :  makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak.

Makanan yang sangat bermanfaat : bayam, brokoli, wortel, jamur ikan mas, kacang tanah, kacang buncis, kacang/susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, blueberry, minyak zaitun, ikan mas, ikan sardine.

Makanan yang netral : ikan tuna, telur ayam&bebek, telur puyuh, minyak wijen, biji bunga matahari, kacang ercis/kapri, jagung, tapioca, roti gandum, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur, melon, blewah, pir, delima, kurma, stroberi, kesemek, jambu biji, daging ayam.

Makanan yang dihindari : daging (sapi, bebek, kelinci, ayam hutan, lobster, gurita, kepiting, belut, udang, cumi), mentega, susu sapi, keju, es krim, susu murni, acar, terong, tomat, ubi, kentang, jeruk, kelapa/santan, melon, madu, pisang (raja), pepaya, pare, air soda.

Golongan Darah B

Makanan yang dianjurkan : Susu dan produk susu.

Makanan yang sangat bermanfaat : ikan laut, susu sapi, keju, bubur, gandum, roti essene, kue beras, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terong, teh hijau.

Makanan yang netral : cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, daging sapi.

Makanan yang dihindari : daging (ayam, bebek, keong, kepiting, siput, belut, gurita, lobster), es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), kacang tanah, roti gandum, tomat, jagung, alpokat, pare, delima, kelapa/santan, kesemek, belimbing, pir, air soda, minuman beralkohol.

Golongan Darah AB

Makanan yang sangat bermanfaat : ikan sardine, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), teh hijau, anggur merah.

Makanan yang netral : cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, brokoli, bayam, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.

Makanan yang dihindari : daging (sapi, ayam, bebek, angsa, lobster, kepiting), mentega, es krim, telor bebek, kacang hitam, acar, jagung, belimbing, delima, pare, pisang, kelapa, kesemek, jambu biji, mangga, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol.

Golongan Darah O

Makanan yang dianjurkan : Makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat.

Makanan yang sangat bermanfaat : brokoli, ubi, waluh, selada, ganggang laut, lobak cina, blueberry, cerry, jambu biji, bumbu kari, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kailan, kunyit, daging sapi.

Makanan yang netral : ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sardine, udang, telur (ayam&bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, terong, tomat, labu, daging ayam, daging bebek.

Makanan yang dihindari : cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, telur angsa, telur puyuh, es krim, keju, susu sapi, yoghurt, minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, bunga brokoli, kacang tanah, kacang mede, kuaci , kentang, mentimun, kembang kol, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras.

sumber dari sini

Nah, ada beberapa hal yang perlu dikritisi dari makanan yang dilarang untuk saya si orang yang bergolongan darah A:

Makanan yang dihindari : daging (sapi, bebek, kelinci, ayam hutan, lobster, gurita, kepiting, belut, udang, cumi) [saya suka daging banget banget.. apalagi daging sapi.. kalo soal makanan laut itu dilarang oke lah, saya juga ga doyan], mentega, susu sapi [padahal baru aja mulai hidup sehat dengan beli susu kotak buat jatah tiap hari di kosan. Berarti nanti saya belinya susu kacang kedelai aja kali ya], keju [makanan mahal, bagus bagus], es krim [mahal juga. tapi sekali sekali boleh kan ya :p], susu murni, acar, terong [good. pantesan saya ga doyan sama makanan satu ini], tomat, ubi, kentang, jeruk, kelapa/santan, melon, madu, pisang (raja), pepaya, pare, air soda.

Dengan segala penjelasan mengenai Lektin, Protein, dan hal biologis lainnya yang diungkap oleh kutipan pada paragraf awal, saya masih bingung bagaimana bisa golongan darah mempengaruhi diet.

Dari sumber lain saya dapatkan bahwa:

Dr. Peter J.D'Adamo dalam bukunya, Eat Right For Your Type menyebutkan pada 15.000 SM golongan darah A ditemukan. Pada masa itu, leluhur kita adalah pemburu yang mulai membentuk komunitas dan bertempat tinggal tetap.

Mereka mulai bercocok tanam dan mengonsumsi sayur-sayuran dan hanya makan daging dalam jumlah sangat sedikit. Untuk itulah Dr. Peter J.D'Adamo menyarankan agar pemilik golongan darah A menjalani diet vegetarian.

Ciri khas Golongan darah A

  • Memiliki sistem pencernaan yang relatif sensitif.

  • Harus menghindari makanan yang terbuat dari produk susu dan daging

  • Dianjurkan menjadi vegetarian atau mengonsumsi makanan berkadar karbohidrat tinggi, namun rendah lemak.

  • Meminimalisasi stres dengan meditasi, atau olahraga non kompetitif.

  • Cukup banyak beristirahat.

Menu diet yang dianjurkan

  • Sarapan : Air putih dicampur jeruk nipis + Oatmel
  • Snack Siang : Juice Anggur / Kopi
  • Makan Siang : Salad + Roti Gandum satu potong + Teh Herbal
  • Snack Sore : Kue Beras dua potong + Teh Hijau
  • Makan Malam : Pasta tanpa daging + Brokoli + Yoghurt + Teh Herbal

sumber dari sini

Deskripsi ini menguatkan keskeptisan saya mengenai diet dengan sistem golongan darah ini. Bukan karena saya tambah bingung dengan dihubungkannya orang yang golongan darahnya A dengan manusia 15.000 tahun lalu, tetapi lebih kepada diet yang dianjurkan: VEGETARIAN!!

gimana nasib mama yang heboh tiap kali masak dendeng karena saya makan dengan cara agak ga manusiawi? gimana nasib ayah yang kebahagiaannya adalah kalo beliin saya sop kambing di Sumur Batu? gimana nasib umam (adik saya) dan mama yang golongan darahnya A sama seperti saya?? Kasihan mereka semua (terutama saya)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *