Picture talks.

Ini tentang pembantaian etnis muslim Rohingya di Myanmar. Dari beberapa artikel yang sempat terbaca, awal mula kejadian ini adalah isu pemerkosaan terhadap warga Buddha yang dilakukan oleh Muslim. Kabar ini masih simpang siur, namun telah menyebar luas. Dalam bentuk selebaran pula.

Kasus pertama yang terjadi adalah pembantaian atas satu bis berisi 10 orang muslim (baru pulang dari semacam pengajian) oleh sekitar 300 ekstremis Buddha. Satu demi satu kasus pun terjadi kemudian, mulai dari pembakaran hingga pembantaian, sampai-sampai warga muslim Rohingya mesti melarikan diri ke negeri tetangga: Bangladesh. Sayangnya, memang sudah nasib, sampai sana pun mereka ditolak dan diarahkan agar kembali.

Muslim Rohingya sendiri pada awalnya adalah sebuah kerajaan muslim yang sejahtera. Namun, seiring berjalannya waktu dan runtuhnya kerajaan, muslim Rohingya yang merupakan warga minoritas di Myanmar dan tidak diakui keberadaannya sampai saat ini (untuk membuat paspor saja tidak bisa karena dianggap sebagai imigran gelap Bangladesh, padahal mereka telah berabad-abad di sana), terus mengalami penindasan. PBB di Myanmar turut menyelamatkan diri (kabur?) dan tentara malah menambah parah. CMIIW.

Google it for further information.

http://salam-online.com/2012/06/pembantaian-atas-muslim-myanmar-kian-menggila-mereka-butuh-bantuan-mari-bergerak-serempak.html

http://www.hidayatullah.com/read/23122/13/06/2012/innalillah!-pembantaian-muslim-myanmar-berlanjut.html

http://chirpstory.com/li/10181

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *