Belajar Anatomi?

I think I have been pretty good at drawing portrait. Tapi ada yang kurang saat akan edit atau mengubah point of view dari portrait yang sedang gw gambar.


Gw biasa gambar view depan (front view) dan lumayan bagus :p



Ilustrasi Dewi Sartika



Yang jadi masalah saat mau puter-puter posisi dan bagaimana supaya gambarnya bagus.


Gw sendiri pernah denger kalau kita mau gambar kartun atau komik atau ilustrasi, kita harus bisa dulu gambar realistis. Karena kartun/komik/ilustrasi adalah simplifikasi. Dan simplifikasi ga bisa diperoleh kalau kita ga ngerti gimana realistisnya.


So, gw searching2 sejak setahun yang lalu dan ketemu course-nya Aaron Blaise. Aaron adalah animator Disney (lebih dari 20 tahun). Sempat ambil yang Character Design nya. Tapi di course itu sendiri Aaron bilang kalau he assumed/hope students have taken anatomy course or have known about anatomy.


Then I stop learning and considering take anatomy course.


Sebenarnya dari online course lain, seperti Skillshare dan Creative bug, sudah ada kelas khusus tentang anatomi. Tapi gw ngerasa kurang mantap dan kurang basic.


Beberapa hari yang lalu gw lagi googling tentang Children Book Illustration-nya Make Art That Sells dan ketemu satu artikel yang kata-katanya cukup menghenyak. Dia bilang kalau di zaman online course sekarang ini, semua orang (terutama english-speaking country kyny ya..) bisa ngajar/bikin kelas online, padahal belum tentu orang tersebut kredibel untuk mengajar. Ya disitu sih dia mau bilang kalau MATS class sangat bagus karena diajar oleh Lilla Rogers yang udah malang melintang di dunia ilustrasi (usianya sekarang udah 50 tahunan).


I think it applies too to Aaron Blaise. Dia lahir tahun 1968, yang pastinya udah cukup kenyang juga di dunia ilustrasi dan animasi.


Selain ilmu, pengalaman juga ga kalah penting. Atau istilahnya WISDOM. Kelas MATSnya Lilla Rogers sangat pengen banget gw ambil, terutama yang Children Book Illustration, tapi harganya super mahal. Dengan kurs dollar 15ribu saat ini, harga course-nya sekitar 7,5 juta.


Beberapa minggu yang lalu, Lilla Rogers ada kelas di Creativebug (yeay!) So, gw ambil kelasnya dan IT IS SOOOO INSPIRING!


Betul ya... Umur itu ga bohong. Selain ilmu, wisdomnya Lilla Rogers ini belum ada yang ngalahin diantara online course lain yang pernah gw ikutin.

Hello! I'm Soraya Mustafa (@oramuf). Here I posted daily drawing, sketching, painting, and what I learned along the way.

Category

Archive

latest post

Let's be friends!

©2018-2020 by Oramuf Studio