Bicara Honor dan Rate Ilustrator Freelance


Sepanjang umur blog ini, sepanjang itu pula gw mulai "pekerjaan" sebagai seorang ilustrator. Baru seumur jagung sih.. Per hari ini belum sampai 1 tahun. Menuju illustrator profesional ceritanya. Dari sekian banyak suka duka, ga ada yang membingungkan semembingungkan satu hal: TARIF.


Beberapa kali ditanya tarif sebenarnya bingung banget (alhamdulillah masih ada yang tanya-tanya :p). Biasa lah.. Takutnya kemurahan jadinya kita ga semangat ngerjainnya atau kemahalan sehingga calon klien kabur.


Mungkin ada yang punya pengalaman sama?


Nah, sebelum menentukan tarif/gaji/honor, gw udah cari-cari dari artikel, youtube, course, dll tentang gimana seorang artist menentukan tarifnya (meskipun pada akhirnya tetap trial and error sih ya..). Berikut poin-poinnya:

  • Biaya bahan. Student or professional grade. Tradisional atau digital?

  • Expertise. Ada pengaruh dari segi estetika dan waktu pengerjaan.

  • Peers. Kita mau disamakan sama siapa dulu.. Orang2 di project.id atau ayang cempaka? Hehe

  • Berapa kita mau dibayar per jam. Caranya dengan menghitung biaya hidup bulanan + profit. Lalu dibagi jam kerja satu bulan. Atau sesimple kita mau dibayar berapa (how much you worth yourself).


Ini list harga yang berhasil gw rangkum dari hasil ramuan berbagai hal di atas.


Kemarin gw bagi tarif ke 3 kategori.

  1. Doodle

  2. Ilustrasi (spot dan full page)

  3. Portrait

Alhamdulillah ada pas bgt ada 3+ klien di 3 kategori itu


1 | Doodle

Doodle adalah yang paling murah. Gw beranggapan doodle ini gw tinggal bikin 5 menit jadi. Ternyata ga semudah itu. Haha.


Kenyataannya sisi perfeksionis gw yang jarang muncul ini muncul. Jadi kok begini kurang bagus, begitu kurang bagus. Akhirnya ya setengah sampai satu jam juga satu doodle.


Setelah menggambar kurang lebih 30 doodle, barulah gw bisa menghapus rasa perfeksionis itu sedikit demi sedikit. Caranya dengan membuat rules ini:

  • No to little research. Gambar apa tergantung what already in my memory

  • Draw fast

  • No background

  • If I have no idea, gw bakal corat-coret di ipad. Gambar apa aja. Yang ternyata sangat membantu untuk memunculkan ide ilustrasi.


2 | Ilustrasi

Untuk ilustrasi ini alhamdulillah dapet klien dari luar. Ratenya juga kyny beda dari illustrator lokal. Gw sama sekali ga nawarin harga. Dari mereka ngasih rate untuk gw setujui atau enggak. Projectnya adalah buku anak.


Untuk ini gw research banyak ya.. Beda dengan doodle. Otomatis honor yang diharapkan = rate per jam x jam lebih besar.


3 | Portrait

Gw dapet ini dari yang udah dikenal. Himma dan seza. Stylized portrait. Dua-duanya buat kado. Seneng sih gambar portrait ini. Sekalian latihan untuk live portrait yang gw pengen banget dapet jobnya. Ada yang minat hire me? :p



Kesimpulan

Buat teman-teman yang mau mulai menapaki karir sebagai ilustrator, mesti dari awal mengira-ngira berapa rate yang mau ditawarkan. Jangan takut untuk trial and error.


Buat gw sendiri, rate di atas bakal gw otak-atik lagi dan nantinya dibagi lagi berdasarkan:

  • Perlu research atau tidak

  • Seberapa kompleksnya ilustrasi yang bakal dibuat


Sukses terus buat semuanya. Salam!

Hello! I'm Soraya Mustafa (@oramuf). Here I posted daily drawing, sketching, painting, and what I learned along the way.

Category

Archive

latest post

Let's be friends!

©2018-2020 by Oramuf Studio