3 Sumber Insecurity Ilustrator Otodidak

Di dunia yang serba mudah mengakses segala bentuk aktivitas sampai ke ujung dunia sekalipun...... seperti pisau bermata dua. Di satu sisi kita mudah belajar hal baru, di sisi lain kita mudah merasa insecure karena melihat lebih banyak karya bagus di luar sana.



Yang kadang membuat kita berpikir, untuk apa membuat karya ketika ada banyak orang lain dengan karya yang (menurut kita) lebih bagus di luar sana?


Disini aku mau share (curhat😆) tentang 3 sumber insecurity yang pernah (dan masih) aku alami. Sekaligus sebagai sumber #ntms tersendiri buat aku baca ulang ke depannya. Semoga menginspirasi😂


1. Artist lain yang lebih dulu berkarir


Pikiran yang jamak muncul adalah.. untuk apa kita masuk ke dunia yang sudah sempurna?


Yang biasanya aku lakukan:

  1. Temukan kelebihan kita yang mereka ga punya. Pasti ada.

  2. Temukan mengapa mereka bisa sampai ke titik saat ini yang belum kita lakukan. Trus pikirin aja seandainya kita mengikuti step by step mereka pasti kita bisa seperti mereka. Apalagi dengan kelebihan yang kita punya, bisa jadi kita bakal lebih baik.

  3. Kita bisa jadi bakal lebih baik dari mereka.. tapi bukan sekarang.

  4. Inget quotes ini "Don't compare your beginning to someone else's middle".


2. Mahasiswa lulusan seni


Kalau tadi ngebandingin dengan 'kakak-kakak kelas', yang lebih parah lagi kalau ngebandingin ke 'adik-adik' yang karyanya lebih bagus dari diriku😭


Bagaimana aku coba menghadapinya:

  1. Menghibur diri "yaiyalah mereka 4 tahun belajar desain.. lo?"

  2. Biasanya sih no.1 itu ga berhasil. Sabar😂

  3. Cari tau 'kekurangan' kampus seni. Ini bisa dijadikan celah untuk 'mengejar ketinggalan'.

  4. Belajar yang bener dan praktik yang serius.


3. Teman-teman lama dengan karir lebih established


Yang ini bikin galau tentang pilihan pivot karir yang kita ambil. Pasti bakal mulai berpikir "seandainya.. seandainya..".


Yang biasanya aku lakukan:

  1. Bersyukur sudah menyadari passion diri sendiri.

  2. Bersyukur masih bisa menjalani hidup yang cukup (jangan lupa sebelum pivot pastikan tabungan dan sokongan hidup ada ya)

  3. Bersyukur jadi punya channel kenalan yang mungkin ga ilustrator lain punyai (ini udah terbukti dari beberapa job yang aku dapat itu dari teman lama)


Yakin sih setiap orang punya porsinya masing-masing di dunia kreatif yang super kompetitif. Berusaha dan semua pasti ada waktunya.

Hello! I'm Soraya Mustafa (@oramuf). Here I posted daily drawing, sketching, painting, and what I learned along the way.

Category

Archive

latest post

Let's be friends!

©2018-2020 by Oramuf Studio