9 Tips Belanja Art Supplies

Katanya sihh.. making art dan belanja art supplies itu adalah dua kegiatan yang berbeda. Maunya ya beli art supplies supaya makin rajin making art :))) Nah, disini aku mau coba share beberapa tips supaya beli art supplies ga cuma sekedar hobi yang menguras dompet (haha), tapi bisa jadi alat dan motivasi untuk membuat art yang lebih baik.



1. First thing first, pastikan ada budgetnya


Art materials adalah keniscayaan buat para seniman. Meskipun (katanya) artist itu harus kreatif, nyatanya brand dan harga berpengaruh ke hasil akhir. Bahkan bisa menentukan kita enjoy diprosesnya atau hanya bikin stres.


Contoh:

  • Melukis dengan watercolor dicat kualitas rendah (hvs wkwk) vs Arches.

  • Digital painting dengan apps Paint vs Photoshop.

  • Pensil warna non-brand vs Caran d'ache Luminance.

Budget sendiri ga tiba-tiba ada, tetapi perlu disiapkan. Entah dengan menambah pemasukan atau mengurangi pengeluaran.


Aku sendiri mulai tahun ini berencana ga beli baju baru dan alat dapur demi bisa beli art supplies yang lebih berkualitas (wish me luck :p).


Inspired by Van Gogh yang rela ga makan demi beli art supplies dan bahkan konon pernah minum turpentine karena ga sanggup beli minuman.


2. Pastikan art supplies lama sudah dieksplor penuh


Eksplorasi art supplies, contohnya:

  • Membuat color chart

  • Kombinasi warna dengan warna lain

  • Coba berbagai macam mark-making

Kalau belum, bisa jadi kita menemukan 'cara baru' untuk menggunakan art supplies lama. Yang bisa sama 'efeknya' dengan punya art supplies baru :))


3. Beli art supplies sedikit demi sedikit


Terkait sama poin sebelumnya nih. Kalau beli langsung banyak, biasanya jadi pajangan aja dan ga terpakai. Dengan beli sedikit-sedikit, bisa 'nyicil' untuk eksplorasinya.


Selain itu, jadi berasa beli barang baru terus kann..


4. Baca dan research sebelum memutuskan untuk beli


Untuk satu jenis barang saja (misalnya colored pencil) banyak banget variasi dan brand yang tersedia. Dari segi kualitas, harga, bahan, warna, dan sebagainya yang pasti ga bakal bisa kita beli semua.


Makanya, perlu sekali untuk baca-baca artikel dan review produk terkait sebelum memutuskan beli. Untuk produk yang sudah pasaran, bisa jadi banyak yang sudah review plus minus produk tersebut dibandingkan dengan produk sejenis yang mirip.


Dengan rajin baca dan nonton review, kita bisa hemat dana yang lumayan banyak.


5. Ikuti rekomendasi artist favorit


Kalau kita suka sama art seseorang, bisa jadi kita akan suka produk dan warna yang dipakai orang tersebut.


Mungkin bisa tanya via kolom komentar di instagram (better than DM) atau cari-cari mungkin dia pernah post di story/blog tentang art supplies.


Ini juga bisa bikin kita hemat karena ga menghabiskan uang untuk art supplies yang belum tentu bakal kita suka.


6. Kalau ragu, stick to the best brand


Bukan mau brand-minded, tapi, cari art supplies yang terbaik itu gampang-gampang susah. Salah satu cara paling gampangnya adalah dengan melihat brand.


Beberapa ciri brand yang baik yaitu:

  • Fokus ke suatu jenis media (misalnya, hanya memproduksi akrilik)

  • Fokus untuk produksi art supplies (misalnya, hanya memproduksi bahan fine art, tidak memproduksi alat tulis sekolah)

  • Banyak dipakai professional artists

  • Sudah berdiri lama


7. Cari art supplies second


Salah satu kegiatan yang paling suka kulakukan kalau lagi iseng adalah searching art supplies second di tokopedia. Haha.


Beberapa yang pernah aku dapat: set faber-castell polychromos, blackwing pencil, copic, dll.


Biasanya yang jual ini kebanyakan yang tadinya sekolah seni/fashion. Ada juga yang cuma mau coba-coba. Yang pasti, harganya miring banget. Tapi kalau cuma beda 2rb-5rb sama barang baru mending yang baru aja sekalian.


8. Rajin ikut giveaway dan competition


Biasanya sih giveaway ga membutuhkan effort yang banyak, apalagi di instagram, hehe. Jadi, ikutilah sebanyak-banyaknya. Aku sendiri pernah beruntung satu kali meskipun bukan giveaway art supplies, tapi susu bayi haha.


Competition lebih berat dari giveaway, tapi hadiahnya lebih banyak. Sama seperti giveaway, aku pernah menang sekali, tapi lagi-lagi susu bayi :P. Tapi hadiahnya voucher, jadi bisa jadi barang lain juga kan.


Yang pasti saran aku sih kalau ikut giveaway dan competition itu, set it and forget it aja. Jangan banyak dipikir karena menguras waktu. Tau-tau menang kan syukur :D



9. Finally, kalau ada art supplies yang kita suka, langsung beli


Stok art supplies di Indonesia itu ga banyak, loh. Suppliernya terbatas dan barang yang masuk juga ga banyak.


Sedih sih kadang. Dulu Indonesia dijajah Belanda (yang notabene Eropa dan tempat asal Van Gogh dan Rembrandt), tapi seni modern yang masuk minim sekali.


Beberapa art supplies yang sempat ada dan kini sudah jarang: Arches hot pressed dan cold pressed paper, acrylic medium dari winsor newton, beberapa jenis sable brush winsor series 7, beberapa warna acryla gouache, dll.


Semoga bermanfaat!

0 comments

Hello! I'm Soraya Mustafa (@oramuf). Here I posted daily drawing, sketching, painting, and what I learned along the way.

Category

Archive

latest post

Let's be friends!

©2018-2020 by Oramuf