stay focus part 2

Kadang banyak hal yang sepertinya mau kita lakukan. Suatu waktu kita keranjingan membaca, menulis, menonton film, belajar memasak, dan sebagainya. Itu juga yang gw alami. Mungkin karena masih bersemangat muda, semangat untuk mencari hal baru pun masih membara.

Hal-hal yang pernah gw anggap sebagai hobi gw–namun ternyata mengalami pergantian yang cepat–adalah:

  1. membaca
  2. menulis
  3. film mania
  4. masak
  5. jahit
  6. travelling
  7. mengajar
  8. coding website
  9. internet marketing
  10. desain interior
  11. bertanam
  12. pelacak
  13. peneliti apa saja
  14. fashion designer
  15. jaringan komputer (belajar sama paman)
  16. ahli sejarah
  17. dsb yang bahkan mungkin gw aja udah lupa

Sekian banyaknya hal yang menarik buat gw itu memang benar-benar sangat menarik minat. Namun, karena ada berbagai constraint, akhirnya ga semuanya dapat terselesaikan dengan maksimal.

Kemudian dengan merujuk pada hobi gw yang ke 13 (peneliti apa saja), gw mulai mencari apa yang paling gw resapi dan sukai.

Tentunya, semua hobi di atas masih akan gw lakukan, meskipun tidak konstan. Meskipun begitu, ada beberapa yang gw lakukan sejak dulu, sempat teralihkan oleh satu dan lain hal, namun tetap tertanam di hati hingga saat ini:

  1. membaca
  2. menulis
  3. coding website
  4. pelacak
  5. travelling

Mengapa?

1. Membaca

Intinya, gw suka semua bacaan. Benar-benar semuanya. Namun bacaan yang paling membuat gw sangat amat excited adalah: cerita detektif (detective conan, dll), cerita yang ‘ngarang banget’ tapi digarap sangat serius (LOTR, Harpot), anak-anak (hai miiko!, doraemon), dan cerita yang mengandung nilai agama dan memotivasi (negeri 5 menara, laskar pelangi, dsb).

2. Menulis

Dulu, gw sangat amat suka bikin cerpen. Namun entah mengapa cerpen yang gw buat selalu KEPANJANGAN. Ga tau kenapa. Gw sempat berpikir buat novel, tapi gw takut ga konsisten ngerjainnya. Nilai cerpen waktu kelas 3 SMA yang lebih tinggi dibanding kebanyakan teman sekelas cukup membuat gw sangat amat pede.

Bukan hanya cerita fiksi, esai pun tampak menarik. Menjadi esai-tentang-ekonomi terbaik di kelas Pengantar Ekonomi 2, sekali menang lomba, dan tulisan yang dimuat di penulislepas.com seharusnya membuat gw lebih banyak melakukan hal yang sama.

3. Coding website

Pertama kali mengenal coding saat kelas 3 SMA, saat itu ada tugas membuat website. Dengan pedenya, di saat yang lain menggunakan template/gambar dari sumber lain, gw malah sok-sokan bikin background sendiri yang berbentuk kertas perkamen yang ada di harry potter. Temanya sendiri tentang harry potter. Sok-sokannya lagi, gw malah make notepad di saat yang lain pake yang langsung jadi atau malah minta dibikinin. Tapi karena memang belum punya dasar web yang memadai, pas mau dikumpulin gw edit-edit lagi pake dreamweaver.

Segala kerja keras gw itu dibalas dengan pujian orang-orang. Dan yang terpenting, pujian dari seorang yang dianggap sangat hi-tech di kelas gw, bahkan se-kelas tiga. Itu lebih menjadi pengakuan dibanding kata-kata dan nilai dari guru gw.

4. Pelacak

Atau yang lebih keren disebut detektif. Hobi gw baca cerita detektif ternyata terbawa ke dunia nyata. Sudah ada beberapa kasus yang gw pecahkan dan kebanyakan di antara berhubungan dengan mencari background seseorang.

5. Travelling

Menjelajah merupakan hal paling menarik dan menegangkan yang pernah gw alami. Tentunya bukan sekedar menjelajah 'tempat biasa’, melainkan tempat yang agak menantang dan jarang dikunjungi kebanyakan orang.

Nah, empat hal itu yang gw putuskan untuk gw lakukan dalam waktu dekat. Berhubung gw anak akun, inilah alasan utama mengapa gw sangat sangat ingin menjadi auditor TETAP–walaupun mesti pergi pagi pulang pagi–di saat orang-orang hanya ingin menjadikan pekerjaan sebagai auditor (akuntan publik) sebagai langkah awal menuju karir yang lain (ya meskipun gw masih menyimpan keinginan jadi ibu rumah tangga)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *